Home » » Polda Jabar Gelar Rakernis Sabhara

Polda Jabar Gelar Rakernis Sabhara

Disampaikan Klik-Walimedia Hari Rabu, 30 Mei 2012 | 15.47

Bandung - Untuk memantapkan Fungsi Sabhara Polda Jabar dalam pelayanan prima kepada masyarakat, Selasa (29/5), Polda Jabar melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Teknis Fungsi Sabhara. 

Rakernis yang mengambil tema ”Melalui Rakernis Fungsi Sabhara Polda Jabar T.A. 2012, kita tingkatkan Pelayanan Prima dengan Patroli Dialogis guna mencegah terjadinya tindakan kekerasan dalam rangka terwujudnya kawasan aman gangguan kamtibmas (Zero Hot Spot)” tersebut dilaksanakan di Aula Muryono Mapolda Jabar Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung.

Rakernis dibuka secara resmi oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno, S.H. dengan hadiri oleh Waka Polda Jabar Brigjen Pol Drs Hengkie Kaluara, Irwasda Polda Jabar Kombes Pol Drs Haroan Ritonga serta para pejabat utama Polda Jabar. Peserta Rakernis tersebut terdiri dari para Kasat Sabhara dan Kanit Patroli Polres/Polresta jajaran Polda Jabar serta para Kanit Sabhara Polsek jajaran Polrestabes Bandung.

Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno, S.H. pada pembukaan Rakernis Fungsi Sabhara tersebut mengatakan bahwa dalam membina dan menyelenggarakan fungsi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, peran Fungsi Sabhara, sebagai bagian dari tampilan Polisi berseragam sangatlah strategis, terutama dalam tugas-tugas preventif, melalui penggelaran pasukan dan kendaraan dalam tugas-tugas Turjawali, sebagai tampilan dan karakteristik segenap jajaran Polisi berseragam, serta sifat tugas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, menjadikan para pengemban Fungsi Sabhara sebagai ukuran bagi tampilan Polri secara keseluruhan.

“Salah satu indikator keberhasilan tugas Polri, disamping diukur dari keberhasilan Polri dalam pengungkapan kasus-kasus kejahatan, namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana upaya jajaran Polri, dapat mencegah terjadinya kejahatan,” lanjut Kapolda di hadapan peserta Rakernis.

Kapolda Jabar menekankan beberapa hal untuk diperhatikan dan dijadikan pedoman oleh Fungsi Sabhara jajaran Polda Jabar yaitu sebagai berikut:

Lakukan analisa dan evaluasi pelaksanaan Fungsi Sabhara jajaran Polda Jabar, dalam penjabaran kebijakan dan strategi Polri bidang Fungsi Sabhara, sehingga beberapa permasalahan yang dihadapi dapat dibahas dan dicarikan solusi terbaiknya, terutama berbagai temuan dari hasil supervisi yang telah dilaksanakan oleh Dit Sabhara Polda Jabar terhadap Satuan Sabhara di jajaran Polres dan Polsek Polda Jabar.
Mantapkan pola pikir dan pola tindak dalam mewujudkan Fungsi Sabhara Polda Jabar yang responsif dan profesional, sebagai salah satu fungsi preventif dan merupakan tulang punggung (back bone) Polri, dalam mengemban misi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, terutama di daerah-daerah Hot Spot, yakni rawan kejahatan, gangguan kamtibmas dan pelanggaran.

Peliharalah segala sarana dan prasarana yang dimiliki dengan baik serta gunakan sesuai peruntukannya, sehingga setiap saat dapat dioperasionalkan dalam mendukung pelaksanaan tugas yang membutuhkan mobilitas tinggi dan segera.

Tingkatkan terus kemampuan personel Fungsi Sabhara, melalui pelatihan rutin yang sistematis, serta pahami dan kuasai berbagai kemampuan, peraturan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku, sehingga setiap pelaksanaan tugas dapat terukur dan akuntabel.

Berikan App yang jelas serta tanamkan kesadaran bahwa tugas di Fungsi Sabhara sebagai pilihan dan wujud pengabdian yang mulia. Tingkatkan kecintaan dan kebanggaan sebagai anggota Polri, sebagai pendorong dan motivasi untuk memberikan yang terbaik dalam bertugas. (Ally86)

Share this article :

Bandung Raya

 

Copyright © 2012. Walimedia - All Rights Reserved